Rabu, 30 November 2011

Alam Butuhkan Uluran Tangan Kita


             Lingkungan yang asri, indah dan sejuk merupaka idaman semua wilayah di bumi tercinta ini. Hidup dan berkembangnya berbagai macam flora dan fauna berawal dari kondisi alam yang lestari. Manusia di dunia ini tidak akan bisa hidup tanpa adanya flora dan fauna. Karena flora dan fauna memegang keseimbangan ekosistem di bumi ini. Semua elemen kehidupan berpadu dan berkolaborasi untuk menggapai keseimbangan di bumi ini. Tumbuhan merupakan komponen yang sangat utama untuk kehidupan manusia dan fauna di bumi ini. Tanpa adanya tumbuhan tidak akan adanya oksigen (O2) yang digunakan makhluk hidup untuk melakukan pernafasan. Kehadiran fauna juga tidak kalah pentingnya, karena fauna menjaga keselarasan ekosistem dan rantai makanan yang sudah di atur oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hukum alam yang menyatakan yang kuat yang menang berlaku dalam kehidupan fauna yang ada demi keseimbangan fauna yang ada. Tetapi faktor lain yang menentukan selain flora dan fauna adalah manusia. Manusia yang memegang kendali penuh dalam pelestarian flora dan fauna. Sehingga manusia, flora, dan fauna harus memiliki keseimbangan dalam kehidupan.
             Tetapi semakin bertambahnya zaman dan teknologi semakin menipisnya keseimbangan alam. Sekarang ini banyak flauna yang sudah terancam punah karena pembunuhan dan penjualan besar-besaran secara ilegal yang hanya menguntungkan sepihak. Semakin banyaknya perburuan membuat pemerintah di seluruh dunia tidak tinggal diam. Pemerintah di dunia membuat kebijakan-kebijakan untuk membuat peraturan yang tegas bagi oknum perburuan liar. Selain itu pemerintah seluruh dunia pasti juga sudah melakukan pelestarian bagi fauna yang tersebar di dunia sesuai wilayahnya. Yang paling pentingnya lagi hutan sebagai paru-paru dunia sangat berperan penting bagi kehidupan. Tetapi semakin bertumbuhnya penduduk, semakin banyak pula kebutuhan lahan untuk kehidupan. Tetapi dalam penebangan atau pelepasan lahan hutan yang luas sekarang ini tidak diimbangi lagi dengan reboisasi atau penanaman kembali. Pembalakan hutan sangat berdampak buruk bagi kehidupan dan semakin memperburuk kualitas udara yang dihirup. 
            Apalagi sekarang ini sudah sangat banyak sekali kendaraan bermotor dan pabrik perusahaan yang mengeluarkan asap yang berbahaya dan dapat merusak ozon. Asap berbahaya tersebut dapat mencemari udara. Selain itu, juga dengan gas CFC yang diproduksi oleh AC dan lemari es yang bisa melobangi lapisan ozon bumi kita. Dengan ditambah lagi pengelolaan sumber daya alam yang kurang baik dan terus menerus dilakukan tanpa adanya penyeimbang atau perbaikan agar sumber daya alam yang diambil tetap lestari.
           Apabila tidak adanya kesadaran sendiri dari seluruh masyarakat di dunia maka akan sengsaralah generasi penerus kita nantinya, yang hanya akan menerima bencana. Sewajarnya kita merenung untuk memikirkan semua itu dan sadar akan pentingnya alam yang seimbang. Banyak cara yang dilakukan untuk membantu alam kita. Lakukan hal yang terkecil dahulu untuk sebuah awal. Perubahan yang kecil yang baik untuk alam kita pasti akan berdampak besar bagi alam kita yang akan semakin membaik, apalagi apabila seluruh masyarakat sedunia melakukan perubahan baik itu. Itu adalah pekerjaan besar bagi seluruh warga sedunia untuk kelestarian alam dan kehidupan generasi selanjutnya.

Tindakan Pemeliharaan Alam untuk Dunia

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar