Sabtu, 03 Desember 2011

Menulis Opini


            Apa yang anda ketahui tentang menulis opini ?. Bagai mana cara menulis opini yang menarik untuk dibaca. Nah disini saya akan memberikan pengertian penulisan opini yang baik dan benar sesuai dengan aturannya.
            Opini merupakan pendapat. Tulisan tentang pendapat pribadi penulis tentang suatu hal yang sedang diperbincangkan. Apabila menulis opini harus sesuai dengan apa yang kita bahas agar opini kita nyambung dengan materinya. Agar opini kita mempunyai jalan yang sesuai kita harus menentukan tema terlebih dahulu. Tema merupakan benang merah dalam benak penulis yang menggambarkan tujuan penulisan. Jadi tujuan kita dalam menulis opini harus jelas, sehingga pembaca bisa mengerti kenapa kita membuat opini tentang suatu permasalahan atau tulisan.
            Ada beberapa syarat tentang menulis opini agar opini kita terlihat bagus :

  1. Orisinil, artinya opini yang kita tulis harus benar-benar tuangan dari isi fikiran kita tidak mengambil dari fikiran orang lain.
  2. Aktual, opini kita harus sesuai dengan apa yang terjadi sekarang. Agar berita atau tulisan yang kita bahas menjadi menarik.
  3. Faktual, dalam pembuatan opini kita mengambil dari hal-hal yang benar-benar terjadi atau fakta.
  4. Bersifat ilmiah populer bukan ilmiah teknis, artinya penyusunan opini yang seharusnya harus menggunakan cara-cara penyusunan karya ilmiah yang populer, bukan yang kita buat sendiri sehingga terlihat rapi.
  5. Menggunakan gagasan atau ide, sehingga opini kita bisa membuat suatu jalan keluar yang baik dan benar.
  6. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, apabila opini kita ingin dibaca oleh semua kalangan sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar.
            Itu merupakan syarat-syarat yang harus kita penuhi dalam penulisan opini. Berikut ini saya akan menyebutkan bentuk-bentuk opini.

  • Tajuk Rencana (Editorial)
  • Artikel
  • kolom atau essai
  • Resensi
             Dalam hal bahasa yang harus kita gunakan dalam penulisan jurnalistik juga sangat penting agar tulisan kita ada daya tarik tersendiri sehingga banyak yang membaca dan mengagumi. Berikut ini merupakan bahasa jurnalistik.

  1. Singkat
  2. Padat
  3. Sederhana
  4. Lugas
  5. Menarik
  6. dan Jelas
             Dengan menggunakan bahasa jurnalistik yang saya sebutkan tersebut pasti opini ada mudah dipahami dan menarik untuk dibaca. Jangan lupa juga dengan menggunakan bahasa yang komunikatif artinya bahasa yang sedang populer pada massa itu tetapi bisa dibaca oleh semua kalangan. Itu informasi yang saya berikan semoga bisa membantu anda dalam penulisan opini.




Sumber : Direktur Radar Madiun


| Free Bussines? |

1 komentar: