Jumat, 02 Desember 2011

Pengelolaan SDA yang Baik


             Kelestarian SDA itu penting baik untuk jangka waktu sekarang ataupun massa depan. Pengolahan SDA yang baik masih belum sepenuhnya dijalankan oleh perusahaan-perusahaan yang mengelola penuh SDA. Tidak diimbanginya dengan reboisasi menjadi faktor kerusakan yang makin menjadi. Padahal sebenarnya pada era sekarang harus tetap bisa menjaga kelastarian SDA agar pada era selanjutnya tetap bisa menikmati kekayaan alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa ini. Dalam kasus ini saya akan memberi pengetahuan atas manfaat pengelolaan SDA yang baik.


Pengelolaan SDA yang Baik

             Semua sumber daya alam baik yang potensial maupun yang rill harus dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 tahun 1982 dan UUD 1945 Pasal 33. Generasi sekarang harus berhati-hati dalam mengekploitasi dan memanfaatkan SDA, sehingga generasi yang akan datang tetap dapat menikmatinya.
Prinsip Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan
            SDA yang ada di muka bumi merupakan sumber daya esensial bagi kelangsungan hidup manusia. Yang menjadi  persoalan mendasar berhubungan dengan pengelolaan SDA adalah bagaimana mengolah sumber daya alam, agar menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi manusia tanpa mengorbankan kelestarian sumber daya alam itu sendiri.

            Pertumbuhan penduduk yang tinggi serta diiringi semakin banyak kebutuhan manusia mengakibatkan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan.
            Tujuan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan meliputi hal-hal berikut :
1.Tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup.
2.Terkendalinya pemanfaatan sumberdaya alam sejara bijaksana.
3.Terwujudnya manusia sebagai pembina lingkungan.
4.Terlaksananya pembangunan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. 

             Beberapa contoh pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam memanfaatkan SDA barang tambang antara lain :
a.Mengurangi pengeksplotasian yang tidak efesien dan berlebihan
b.Mengekspor barang tambang dalam bentuk benda jadi, sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.
c.Penghematan energi serta mencari alternatif pengganti yang ramah lingkungan.
d.Melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari daerah yang baru atau menciptakan teknologi yang ramah lingkungan.


Prinsip Ekoefiensi
            Manajemen bisnis yang memadukan prinsip ekonomi dengan pelestarian lingkungan disebut prinsip ekoefiensi. Prinsip ekoefiensi berarti peningkatan proses produksi dengan biaya yang murah  dan dengan dampak seminimal mungkin. Prinsip ekoefiensi berpegangan pada hal-hal berikut :
ØHemat dan memperhatikan keperluan kedepan generasi yang akan datang.
ØMencapai efektifitas pemakaian yang tinggi
ØTidak mengganggu keutuhan atau kelestarian sumber daya alam yang lain.

                    Jadi itulah mengapa menjaga alam agar tetap lestari sangat penting bagi kehidupan sekarang juga masa depan. Tetap selamatkan bumi dan manfaatkan selalu SDA yang ada dengan baik dan benar.


| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar